Revitalisasi Peran Generasi Muda Dalam Proses Akselerasi Pembangunan Melalui Regenerasi dan Restrukturisasi KNPI Sebagai Motor Penggerak Semangat Kepemudaan

Selasa, 11 Juni 2013

Pemuda Palangka Raya Bebas Narkoba

Kehidupan pemuda merupakan moment waktu yang paling berkesan dan paling indah dimana saatnya timbul rasa kebanggan tersendiri saya sudah bisa ini, saya sudah bisa itu dan keinginan tahu terhadap sesuatu yang begitu besar untuk mencari jati diri sendiri. Gaya hidup instant dijadikan sebagai impian pemuda masa kini tanpa memikirkan dampak buruknya kedepan.

Sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi dunia yang serasa cukup didepan komputer yang membuat mental pemuda sekarang dimanjakan oleh fasilitas yang tersedia, terbukanya dunia pasar bebas yang memungkinkan negara luar untuk memasuki negara kita dengan mudah membawa budaya baratnya yang bertentangan dengan budaya timur dan tanpa adanya “filter” iman dan taqwa membawa pemuda hari ini terlena dan harus mengikuti gaya barat agar tidak dibilang kampungan oleh temannya yang sudah merasa jagoan.

Pemuda yang dimaksud  adalah pemuda yang berkarakter , berkapasitas, dan berdaya saing. Berkarakter itu berarti beriman, bertakwa, berakhlak mulia, demokratis, dan bertanggung jawab. Kemudian berkapasitas itu menjadi pemuda yang sehat, cerdas, kreatif, inovatif dan mandiri.

Untuk jadi pemimpin seorang pemuda harus punya niat, punya nilai integritas, punya pengetahuan, punya jaringan, dan yang  terakhir harus punya nyali dan anti penyalahgunaan narkoba, jika semua syarat tersebut tidak dimiliki maka seorang pemuda hanya menjadi pemimpi.

Kenakalan pemuda saat ini sangat mudah di pengaruhi oleh kegiatan yang negative, narkoba salah satu yang paling mudah berkembang dan mempengaruhi pemuda Indonesia.

Oleh karena itu sebelum dilaksanakannya pelantikan pengurus baru DPD Komite Nasional Pemuda Indonesi (KNPI) Kota Palangka Raya periode 2013-2016 segenap calon pengurus diwajibkan tes URIN bebas dari narkoba, tanggal 24 Juni 2013 mendatang.

Gagasan demikian diambil oleh Andi Wirahadi Kusuma Ketua DPD KNPI Kota Palangka Raya karena kekhawatiran atas kenakalan para pemuda yang rentan akan pergaulan bebas, hal ini juga salah satu bentuk kepedulian dan sikap berani yang diambil sebagai upaya memberantas penyalahgunaan pemuda dari barang haram tersebut. Sudah waktunya kita untuk mewujudkan impian untuk hidup indah, masa depan cerah tanpa narkoba bagi generasi penerus demi masa depan bangsa dan Negara yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat. 

Upaya penanggulangan dan pencegahan kejahatan narkoba ini memerlukan pendekatan integral dikarenakan hukum pidana tidak akan mampu menjadi satu-satunya sarana dalam upaya penanggulangan kejahatan narkoba yang begitu komplek dan terjadi dimasyarakat. Berbagai upaya preventif dengan pendekatan agama, pendidikan, sosial budaya dan ekonomi perlu untuk dimaksimalkan dibandingkan pendekatan hukum, karena lebih bersifat represif. (dyn)




0 komentar:

Posting Komentar

Artikel Terbaru